Rupanya Ini Cara Membedakan Model HD, SHD, HDD, UHD Hingga Double Deck Pada Bus

MobilKomersial.com – Industri bus di Indonesia meningkat. Banyak perusahaan otobus (PO) yang mengeluarkan armada baru. Baik model High Deck (HD), SHD ( Super High Decker), maupun model DD ( Double Deck ). Tapi apakah Anda tahu perbedaan dari model-model tersebut?
Sebenarnya, HD ataupun SHD, dapat dilihat dari beda tingginya. Namun saat ini masih banyak yang bingung cara membedakannya.
Sebelum HD, ada Non HD. Bus ini yang paling sering dijumpai di jalan. Biasanya untuk bus kelas ekonomi atau bus dengan mesin depan. Cirinya, tempat duduk sopir sejajar dengan kursi penumpang.
Masuk di tahun 2009, era bus HD mulai ngetren. Namun untuk membedakan Non HD dengan HD tidak bisa sekedar melihat tinggi bus saja, karena perbedaannya hanya 10 cm. Kalau Non HD 3 – 3,3 meter kalau HD 3,4 – 3,5 meter. Nah cara bedainnya bisa dari dalam, posisi sopir lebih rendah dari penumpang.

Perkembangan berlanjut, setelah HD munculah SHD. Nah, tren ini dibawa oleh Adi Putro pada tahun 2015. Saat itu karoseri asal Malang tersebut membawa bus sasis Scania K360iB dengan model SHD di GIIAS 2015.
Semenjak itu, bus model SHD bermunculan. Ciri khasnya adalah “topi/bando” yang berada di bagian depan kaca bus. Perbedaan SHD, HD dan Non HD sangat terlihat jelas dari tinggi. Selain itu, adanya sekat “topi” yang tidak dimiliki HD maupun Non HD.
Nah, pada bagian belakang, Grill tampak lebih tinggi. Kalau dari dalam, posisi sopir jauh lebih rendah. Kerennya, model SHD sudah bisa bawa motor di bagasinya.
Pembaruan dari model SHD pun muncul, modelnya HDD (High Deck Double Glass). Model ini bisa dibilang serupa tapi tak sama, kenapa? Dari tinggi, HDD ukurannya justru sama dengan model HD. Selain itu, ukuran “topi” yang lebih tipis dari SHD. Jika mau lebih teliti lagi, bisa amati bagian fender wheel atau penutup roda. SHD lebih tebal dibandingkan HDD karena memang untuk kedua model ini terdapat perbedaan tinggi lantai.
Ternyata, industri bus tidak berhenti di situ saja. Masih ada bus yang ukurannya lebih tinggi dari SHD, yakni UHD (ultra high deck) dan DD (Double Decker).
Tapi masih banyak yang terkecoh oleh UHD dan DD. Karena kalau dilihat dari bentuk dan tinggi hampir sama. Yang membedakan, UHD hanya memiliki single deck tapi bagasinya luas. Nah kalau DD lantainya atas bawah.

Sumber: https://www.mobilkomersial.com/read/1329/Rupanya-Ini-Cara-Membedakan-Model-HD-SHD-HDD-UHD-Hingga-Double-Deck-Pada-Bus/1


Comments